Seperti sudah disampaikan posting sebelumnya, bahwa dengan memperluas kanal penjualan, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan,

yaitu:

1. Memperbanyak peluang traffic yang akan berimbas pada peningkatan penjualan.

2. Memperluas jangkauan brand Anda.

 

Sebelum menambah kanal penjualan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Beban kerja

Menambah kanal penjualan berarti bertambah tanggung jawab untuk melakukan operasional harian, mulai dari membuat kanal, upload produk, layanan pelanggan hingga administrasi penjualan.

2. Konversi

Menambah kanal penjualan tidak akan berarti jika konversi penjualan Anda jeblok, oleh sebab itu penambahan kanal penjualan harus disertai dengan optimasi konversi.

3. Organisasi produk & catatan keuangan

Bertambahnya kanal penjualan menuntut Anda untuk lebih rapi dan profesional dalam mengelola produk dan catatan keuangan.

Karena jika tidak dikelola dengan baik dapat mengakibatkan catatan keuangan yang buruk sehingga menyulitkan Anda dalam mengevaluasi bisnis.

Jika sudah demikian riskan terjadinya kesalahan dalam mengambil keputusan untuk bisnis Anda.

Tips:

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk meningkatkan konversi:

– Foto produk

Foto produk harus dibuat semenarik mungkin sehingga membuat orang ingin segera memiliki.

Meskipun demikian tidak perlu diedit berlebihan, nanti yang ada pelanggan malah kecewa ketika produk yang dia beli tidak sesuai dengan foto produknya.

Yang mungkin perlu diperhatikan adalah pengambilan foto produk harus jelas, jika ada detail fitur yang akan ditonjolkan sebagai manfaat atau solusi maka silahkan foto bagian tertentu yang menjelaskan bahwa produk yang Anda jual adalah solusi bagi calon pembeli.

– Nama produk

Nama produk harus jelas dan mudah dipahami, boleh mengandung kata kunci yang sering dicari namun nama produk tetap harus jelas dan tidak  perlu menambahkan kata kunci yang tidak berhubungan dengan produknya, karena ujung-ujungnya calon pembeli akan kecewa jika sudah cape mengklik produk namun bukan produk sebenarnya yang dia butuhkan.

– Deskripsi produk

Deskripsi produk harus jelas dan lengkap, sampaikan detail spesifikasi produknya, warna, ukuran, bahan dsb.

Sertakan pula panduan yang memudahkan calon pembeli untuk memilih varian produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

– Copywriting yang menarik

Membuat penawaran yang menarik adalah tantangan selanjutnya cobalah untuk membuat penawaran yang membuat mereka nyaman membaca penawaran Anda, usahakan pesannya nyampe ke calon pembeli agar calon pembeli dapat memahami manfaat apa yang bisa mereka dapat dengan produk Anda sehingga mereka menjadi minat dan ingin membeli.

– Layanan pelanggan

Ini biasanya menjadi tugas dari CS, tingkatkan layanan CS Anda menjadi lebih responsif dan memberikan solusi bagi calon pembeli.

Sebaiknya tim CS dibekali dengan teknik closing yang mumpuni sehingga mampu meningkatkan konversi.

 

Jika semua itu sudah Anda lakukan namun penjualan tetap ga bagus, silahkan periksa kembali produk Anda.

Jika produk yang Anda jual tidak dibutuhkan, atau tidak diinginkan atau bukan solusi, maka akan berat untuk bisa laris.